Senin, 06 Agustus 2012

JAKARTA–Lantunan ayat-ayat suci Alquran berkumandang dari subuh hingga menjelang matahari tenggelam di Masjid Nurul Falah, komplek kantor PLN Distribusi Jakarta dan Tangerang, Gambir, kemarin (5/8).
Sebagai penutup, Menteri BUMN Dahlan Iskan membaca surat An-Nas. Lengkaplah sudah khatam Alquran sebanyak 1.590 kali hanya dalam sehari. ”Subhanallah, ini pencapaian yang sangat besar. Semoga kita semua mendapat berkah dari Allah,” kata Dahlan Iskan yang didampingi jajaran direksi PT PLN (Persero). Kegiatan membaca Alquran hingga khatam ribuan kali dalam sehari ini digelar oleh PLN dalam rangka peringatan Nuzurul Al Quran.
Kegiatan ini diikuti 1600 orang santri dari 12 lembaga di Jakarta dan sekitarnya, serta para pegawai PLN. Dari jumlah itu, 200 di antaranya adalah orang-orang yang sudah hafal Alquran 30 juz. Selebihnya sedang dalam proses menghafal. Ada yang baru hafal 5 juz, 10 juz, 15 juz, dan 20 juz. Seluruh peserta itu kemudian dibagi ke dalam 160 kelompok.
Setiap anggota kelompok kebagian membaca beberapa juz. Sehingga dalam waktu 1,5 jam, setiap kelompok berhasil khatam satu Alquran. Dalam sehari itu, setiap kelompok rata-rata khatam 10 kali. Sehingga secara keseluruhan, mereka khatam Alquran 1.590 kali dalam sehari. Dahlan menuturkan, program khatam Alquran ribuan kali dalam sehari ini digagas ketika dirinya masih menjabat Dirut PLN.
Tujuannya untuk memberikan sentuhan spiritual bagi para pegawai PLN. ”Mendekatkan pegawai PLN kepada Allah, dan menjauhkannya dari mental buruk seperti korupsi,” tutur Dahlan. Maklum, saat Dahlan baru masuk, perusahaan listrik plat merah tersebut banyak dirundung masalah. Ketika pertama kali digelar Ramadan tahun lalu, kegiatan khatam Alquran ini diikuti 1500 orang dan berhasil menamatkan 1.200 kali dalam sehari.
”Tahun ini khatam-nya lebih banyak dari tahun lalu, ini perkembangan yang baik. Saya lihat pelaksanaannya juga lebih rapi, bahkan menggunakan sistem penghitungan secara elektronik,” tutur Menteri BUMN ini yang menghadiri kegiatan membaca Alquran bersama istrinya, Nafsiah Dahlan.
Direktur Utama PLN Nur Pamudji menuturkan, kegiatan khatam Alquran ribuan kali dalam sehari ini akan dijadikan tradisi. Artinya, perusahaan listrik plat merah ini akan menggelar kegiatan tersebut setiap tahun. Jumlah khatam Alquran akan terus ditingkatkan tiap tahun. ”Kita berharap mendapat keberkahan hidup dengan memperbanyak tilawah Alquran,” kata Nur Pamudji. (dri)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar